Beranda > INFO > Lima Tips Untuk Tidur Berkualitas

Lima Tips Untuk Tidur Berkualitas

Tidur merupakan kebutuhan yang mutlak dan sama pentingnya dengan mengkomsumsi makanan maupun olah raga. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, maka tidur juga harus berkualitas. Sehingga tetap segar, bertenaga dan vitalitas  yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produktivitas keesokan harinya dapat terpenuhi. Jika setiap hari mengalami insomnia, maka esok harinya sudah pasti tidak akan segar dan bertenaga. Agar istirahat atau tidurnya tetap berkualitas, silakan mengetahui lima tips dibawah ini.

1. Disiplin.
Selalu tidur pada waktunya. Agar jam biologis tubuh kamu tetap, bangunlah pada waktu yang sama. Tidak peduli apakah kamu merasa cukup tidur atau tidak. Usahakan untuk menjaga keteraturan tidur dan bangun pagi baik hari kerja maupun hari libur.

2. Olah Raga Teratur.
Olah raga teratur adalah obat mujarab untuk menetralisir ketegangan fisik dan fikiran kamu. Hal ini sedikit banyak membantu meningkatkan kualitas tidur kamu. Jangan terlambat olah raga. Cukup lakukan sedikit olahraga ringan. Waktu paling ideal untuk berolahraga adalah pagi atau sore hari atau maksimum menjelang petang.

3.Suasana dan Ritual.
Ciptakan suasana yang nyaman. Jaga kelembaban dan suhu udara kamar tidurmu. Usahakan sedemikian rupa begitu pagi datang, matahari akan masuk ke kamarmu. Sebalum tidur, usahakan relaks. Tidak perlu terlalu banyak berfikir. Lakukan ritual tidur yang menyenangkan seperti mendengarkan musik lembut sambil membaca bacaan ringan. Sesuaikan juga penerangan ruang tidur kamu.

4.Kualitas, Bukan Kuantitas.
Yang penting kualitas bukan kuantitas. Tak masalah jika kamu hanya bisa tidur selama 5 jam saja tapi kamu merasa segar. Jika merasa sudah cukup tidur, lebih baik gunakan waktumu untuk melaksanakan kegiatan lain.

5.Jangan Tidur dalam Keadaan Lapar atau Kekenyangan.
Semaksimal mungkin kamu harus bisa menghindari tidur karena kelelahan dan bukan pada jam tidur kamu. Jangan tidur dalam keadaan lapar atau malah kekenyangan. Hindari kacang-kacangan atau buah-buahan yang mengandung gas seperti durian. Hindari juga ngemil dengan kandungan lemak tinggi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Kalau lagi diet, jangan pernah tidur dalam keadaan lapar. Lebih baik makanlah buah-buahan rendah kalori seperti pisang atau apel. (BA)

Kategori:INFO
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: