Beranda > BERITA > PD 2026, Malaysia Gandeng Indonesia

PD 2026, Malaysia Gandeng Indonesia

Impian Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia (PD) kemungkinan bakal terwujud. Namun, Indonesia tak sendiri, mengingat Malaysia yang ingin menggandeng Indonesia untuk menjadi tuan rumah PD 2026.

Beberapa waktu lalu, Indonesia, melalui PSSI, mengajukan diri menjadi tuan rumah PD 2022. PSSI bahkan mengutus empat pengurus mengikuti workshop bidding di markas FIFA di Zurich, Swiss. Sayang, FIFA mencoret Indonesia sebagai peserta bidding PD 2022 karena tak memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan.Indonesia dicoret karena tak ada dukungan dan jaminan dari pemerintah. Padahal, dua hal itu merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Ada delapan instansi terkait yang harus mendukung, yakni Imigrasi, Perhubungan, Keuangan, Luar Negeri, Hukum dan HAM, Kebudayaan dan Pariwisata, Komunikasi dan Informatika, serta Pertahanan. Namun kini, Malaysia yang juga ingin menjadi tuan rumah mengajak Indonesia.

”Kami menyambut baik tawaran Malaysia, namun peluang menjadi tuan rumah Piala Dunia itu baru bisa diajukan untuk 2026. Dan kemampuan sepakbola juga harus memenuhi level yang diminta FIFA,” kata Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng, Senin (19/7).

Yang pasti, untuk menjadi tuan rumah PD, sedikitnya harus tersedia delapan stadion bertaraf FIFA. Jika berduet dengan Malaysia, Indonesia cukup menyiapkan empat stadion. Dalam hitungan PSSI, anggaran membangun delapan stadion baru hanya dibutuhkan Rp 8 triliun. Dipastikan proyek ini akan menyerap jutaan tenaga kerja baru, sehingga tingkat pengangguran juga akan berkurang. Selain itu, bandara, hotel, restoran, tempat hiburan, jalan raya, dan jalan tol, juga harus dibangun sesuai standar internasional.

“Selain pembangunan fisik, tentu saja Indonesia harus menyiapkan tim nasional yang membanggakan karena tim tuan rumah tidak perlu mengikuti babak kualifikasi, tetapi langsung lolos ke babak 32 besar dunia,” tandas Andi.

Kategori:BERITA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: