Beranda > INFO > Tips Mencegah Kebakaran

Tips Mencegah Kebakaran

Kebakaran kerap terjadi di Indonesia, terutama dalam beberapa tahun terakhir, yang menyebabkan cukup banyak kerugian material maupun korban jiwa. Pada umumnya, kebakaran tersebut disebabkan oleh berbagai faktor seperti hubungan singkat pada instalasi listrik, ledakan gas, hingga kelalaian kecil dari penggunaan lilin maupun puntung rokok. Ingat, Mencegah tentu lebih baik daripada menyesal kemudian. Ini yang bisa anda perhatikan bila tidak ingin mengalami musibah kebakaran:
-Jangan membebani stop kontak listrik. Hindari penggunaan stop kontak yang terlalu banyak dicoloki dengan peralatan listrik atau elektronik.
-Jangan biarkan lilin menyala tanpa pengawasan.
-Gunakan lilin di area terbuka dan jauh dari barang-barang bakar.
-Jangan biarkan anak-anak sendirian dengan lilin yang menyala.
-Jauhkan korek api dari jangkauan anak-anak.
-Matikan kompor. Jangan biarkan memasak makanan di kompor tanpa pengawasan dan cek selalu setiap selesai menggunakan kompor agar tidak meninggalkan kompor dalam keadaan masih menyala.
-Sediakan alat pemadam kebakaran di rumah Anda dan dapatkan pelatihan bagi Anda dan keluarga tentang cara menggunakannya.
-Pertimbangkan untuk menginstal sistem penyiram api otomatis di rumah Anda, terutama digedung-gedung tinggi. Statistik dari Asosiasi Perlindungan Kebakaran Nasional menunjukkan bahwa penggunaan sistem sprinkler kebakaran otomatis biasanya mengurangi jumlah korban jiwa yang meninggal serta kerugian satu-setengah sampai dua per tiga dari harta benda.

Kategori:INFO
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: